Minggu, 06 November 2016

Pidato Bahasa Indonesia bertema "SOLIDARITAS"


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Alhamdulillahirobbil‘Alamin Wassholatu Wassalamualaasrofilambiaiwalmursalin, sayyidinawamaulana Muhammadin, waalllaalihiwaashabihiajmain Ammaba’du.
Yang terhormat Bapak Kepala SMAN 1 SUMBERREJO,
Dewan Guru dan Staff TU yang saya hormati,
Serta teman-temanku yang saya sayangi.
          Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat, taufik serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita bias berkumpul di tempat ini.
          Kedua kalinya, marilah kita sampaikan sholawat serta salam pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita menuju jalan yang benar melalui Dinnul Islam.
          Ketiga kalinya, saya ucapkan terimakasih kepada hadirin yang telah hadir dalam acara ini.
Hadirin yang berbahagia,
          Padahari ini saya akan membahas tentang “Pentingnya Solidaritas Di Antara Kita”, karena saya melihat sekarang ini solidaritas setiap orang semakin terkurang dan justru keegoisan yang bertambah dikarenakan adanya gadget. Sebenarnya solidaritas itu lebih penting dibandingkan gadget, karena dengan solidaritaskita akan mudah mencapai tujuan yang kita inginkan yang artinya kekompakan, kesetiakawanan, dan kebersamaan. Tetapi sekarang ini setiap orang sibuk dengan gadgetnya masing-masing, sehingga terkadang seseorang itu bias lupa atau tidak mengenal nama temannya atau tetangga rumahnya.
          Wahai sahabatku, mari kita ingat kembali kisah kepahlawanan pemuda tempo dulu. Mereka dengan kompak, gagah berani, melawan bangsa-bangsa yang menjajah negeri kita cintai ini, sehingga kemerdekaan pun terjadi atas kekompakan merekasemua.
Hadirin yang saya hormati,
          Kita sebagai generasi muda janganlah saling mengejek, saling menyalahkan, atau saling adu perkataan lewat gadget kalian masing-masing. Dan janganlah pula kalian menyalahgunakan rasa solidaritas dalam perbuatan negative seperti melakukan pencurian, pembegalan, tawuran, dan pemalakan terhadap antar orang, antar teman, antar kelas, antar sekolah, antar kampus, ataupun antar tetangga.
          Tetapi, gunakanlah rasa solidaritas itu dalam perbuatan positif seperti bekerja sama dalam hal kebaikan, bekerja sama dalam menyelesaikan tugas praktek di sekolah, bekerja sama dalam kebersihan kelas, ataupun bekerja sama dalam mengharumkan nama sekolah, bangsa dan Negara.
Hadirin yang saya cintai,
          Dengan demikian marilah kita gunakan gadget kita untuk menjalin persahabatan kepada semua orang sehingga kita akan mempunyai rasa solidaritas kepada semua orang. Dan marilah kita simpulkan, bahwasanya kita sebagai generasi muda, sudah sepantasnya kita mempunyai rasa solidaritas yang tinggi karena dengan begitu akan terjalinlah persahabatan, kekeluargaan, kesetiakawanan, dan kecintaan di antara kita. Sangatlah nyaman hati kita jika dihiasi dengan rasa saying menyayangi dengan sepenuh hati di antara kita semua.
          Satu pesan untuk kita semua “Sebelum anda menasihati orang lain, maka nasihatilah diri Anda terlebih dahulu”.
          Demikian pidato dari saya semoga membawa manfaat bagi kita semua terutama bagi saya pribadi. Terimakasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan, dan kepada Allah saya mohon ampun.
Wabillahitaufikwalhidayah,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar